Tuesday, March 25, 2008

Reuni Akbar 4 Dekade SMAN 24

Bertempat di Auditorium PLN di Jl. Trunojoyo Kebayoran Baru, pada hari Minggu tanggal 23 Maret 2008 diselenggarakan Reuni Akbar SMAN 24 Jakarta. Seluruh Alumnus SMAN 24 dari Angkatan 1967 sampai dengan 2007 berkumpul di Auditorium tersebut, oleh sebab itu acara tersebut dinamakan juga Reuni Akbar 4 Dekade 1967-2007. Reuni Akbar ini bertemakan Alumni SMAN 24 Peduli. Hadir pada Reuni Akbar ini Ibu Negara, Ibu Ani Yudoyono yang merupakan Alumni SMAN 24 Angkatan 1970, bukan hanya Ibu Ani Yudoyono sebagai Alumnus SMAN 24, ketiga putri Almarhum Sarwo Edhie merupakan Alumnus SMAN 24.

Karena hadirnya Ibu Negara, maka tingkat keamanan serta protokelernya adalah mengikuti Standar Istana Negara, sejak malam hari sudah berjaga-jaga pasukan Paswanpres di sekitar Gedung PLN Trunojoyo tersebut, dan para Alumnus harus hadir sebelum jam 09.00 pagi, karena Ibu Negara akan tiba di tempat penyelenggaraan pada jam 09.00, apabila para Alumnus datang melewati jam 09.00 maka tidak boleh masuk Auditorium di Lantai 3, namun dikumpulkan di Lantai Dasar dan Lantai 2, dimana Lantai 2 merupakan tempat diadakannya Bazaar dan Pameran serta lokasi Foto Bersama.

Tata Tertib sudah tercantum pada lampiran Undangan yang diberikan, sehingga seluruh Alumnus bisa menyesuaikan diri, karenanya seminggu sebelumnya undangan sudah dibagikan secara tersentralisir di Put-put Golf Senayan, dan apabila belum ada yang mengambilnya maka menjadi tugas koordinator di setiap Angkatan. Harijati Sulistiari atau yang kita dikenal Aie menjadi kordinator penghubung Angkatan 78/79, dia memberitahukan kepada teman-teman se angkatannya melalui SMS untuk mengambil Undangan pada hari Sabtu 22 Maret 2008 di Gedung PLN Trunojoyo. Sampai dengan Siang hari masih ada yang belum mengambil undangan.
Namun patut bersyukur teman-teman Angkatan 78/79 banyak juga yang hadir, mengingat jumlah kursi yang terbatas, terpaksa mengambil inisiatif untuk mem blok beberapa kursi agar teman-teman Angkatan 78/79 bisa kebagian kursi, itupun masih ada kursi yang diambil oleh Angkatan lain, sehingga beberapa teman duduknya terpencar-pencar.

Acara dimulai pada jam 09.00, setelah Ibu Ani Yudoyono tiba di Auditorium, sebelumnya penulis dan Eko Agus melihat seseorang yang mirip dengan Ibu Ani Yudoyono sehingga kami mengira beliau sudah datang, belakangan baru diketahui adalah adiknya Ibu Ani Yudoyono.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian diisi oleh beberapa sambutan yaitu dari Kepala Sekolah SMAN 24, Wakil Para Guru dan Mantan Guru dan wakil Alumnus SMAN 24. Seharusnya yang menyampaikan Sambutan Wakil Alumnus adalah Ibu Ani Yudoyono, namun digantikan oleh Ibu Tuti, Adik Ibu Ani yang merupakan Alumnus Angkatan 72, karena Ibu Ani dalam kondisi kurang begitu baik sebab baru kembali mendampingi Bapak Presiden SBY dari kunjungan mancanegara.

Kepala Sekolah SMAN 24 dalam sambutannya menyampaikan kekhawatirannya riuhnya jalan di sekitar SMAN 24 yang berdampak kepada kegiatan belajar mengajar di SMAN 24. Memang sejak adanya gedung SMAN 24 yang dipindahkan dari lokasi belakang Komdak (sekarang SCBD) ke Lapangan Tembak Senayan, lokasinya berdekatan dengan Rel Kereta Api. Dan saat ini sudah dikelilingi oleh Jalan besar yaitu jalan antara Lapangan Tembak Senayan ke Pal Merah dan Arteri Pondok Indah, mungkin pada tahun ini akan hadir Monorel yang melintas di depan SMAN 24, sehingga perlu dipertimbangkan untuk pemindahan lokasi SMAN 24 tersebut.

Ibu Tuti yang mewakili Para Alumnus SMAN 24, menyampaikan berbagai kegiatan Reuni Akbar SMAN 24 antara lain Peduli Lingkungan dan Global Warwing dengan menanam berbagai pohon-pohonan dan diserahkan kepada Pemda DKI Jaya, serta bantuan terhadap para Guru dan Mantan Guru, bantuan kepada Para Siswa-Siswi yang tidak mampu serta bantuan terhadap Bencana Banjir di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sebelum acara dimulai, terlihat para Alumnus saling kangen-kangenan, dan setiap angkatan berciri khusus, seperti untuk Angkatan 78/79 memakai Pin Angkatan 79, dan Angkatan lainnya ada yang memakai seragam Kaos Polo, ada yang berwarna sama, dan ada yang memakai Syal atau Selendang yang seragam. Pada saat Reuni Angkatan 78/79 di Safari Cafe sudah disampaikan untuk memakai warna yang sama yaitu atasan Putih dan bawahan Jeans, namun karena peraturan/tata tertib tidak boleh memakai Kaos tidak berkerah dan bawahan Jeans menyebabkan teman-teman menjadi ragu-ragu, termasuk penulis memakai Batik berwarna merah.

Para Alumnus berkangen ria dengan Para Guru, seperti Pak Suparman, Guru Menggambar, Bapak Harri dan lain-lainnya, mereka mungkin sudah tidak ingat lagi karena sudah begitu banyak muridnya, namun diantara mereka masih ada yang mengenal siswa nya, mungkin karena menonjol dalam pelajarannya atau siswa yang paling nakal yang paling gampang diingat.

Tidak disangka-sangka Bapak Presiden Susilo Bambang Yudoyono hadir di tengah-tengah para Alumnus, karena beliau menjemput Ibu Ani untuk acara lainnya. Kehadiran Bapak Presiden dielu-elukan oleh Para Alumnus, dan beliau berkesempatan untuk menyampaikan sambutan. Tidak lama setelah beliau menyampaikan sambutan langsung meninggalkan tempat.

Acara dilanjutkan setelah Para Alumnus menikmati berbagai hidangan siang di lantai Dasar, yaitu Foto bersama setiap Angkatan di Lantai 2 dimana disana terdapat Bazaar dan Pameran, dan acara hiburan yang diisi dari Para Alumnus di setiap angkatan dan Para Guru.
Teman-teman Angkatan 78/79 tidak ketinggalan juga mengisi panggung bersama-sama dengan menyanyikan lagu Bis Sekolah karya dari Koes Bersaudara dan juga Terajana karya dari Rhoma Irama. Walaupun tidak ada persiapan, dan benar-benar ’mendadak dangdut’ namun dapat membuat suasana heboh.

Demikian juga pada saat menunggu untuk Foto bersama, semuanya jadi ketemu di ruangan sebelah ruang untuk Foto Bersama, yang tadinya terpisah-pisah duduknya namun di ruangan itu jadi ngumpul semua dan melepas kekangenan walaupun beberapa ada yang yang sudah pulang.

Mudah-mudahan Reuni Akbar ini merupakan titik awal dari kebersamaan Para Alumnus, dimana akan dibuatkan Badan Alumni dalam bentuk Yayasan sehingga segala kegiatan dari Para Alumnus dapat berjalan dengan baik. Khususnya untuk Angkatan 78/79, teman-teman sangat berharap adanya acara Reuni kembali dengan suasana Outdoor, misalkan saja dengan kegiatan Tea Walk, Jogging bersama dan bentuk lainnya. Dengan adanya Pengurus Alumni SMAN 24 Angkatan 78/79 maka segala kegiatan dapat terwujud.
Untuk melihat Foto-foto Reuni Akbar SMAN 24, klik disini.

No comments: